MENU

STOP PRESS

Kamis, 16 September 2010

Topik

Patologi, menurut asal kata-nya, "studi tentang penyakit".    .Patolog adalah spesialis untuk patologi dan dapat bekerja sebagai dokter  di departemen rumah sakit atau sebagai dokter praktek swasta., ahli patologi  terlibat dengan diagnosa penyakit. Patologi juga  terkait dengan ilmu forensik ("Quincy"). Seorang ilmuwan forensik membantu untuk menangani tindak pidana,    Pada jaman dulu patolog menghabiskan sebagian besar waktu bekerja melakukan otopsi (post mortems internal), kini sebagian besar sibuk dengan pemeriksaan mikroskopis.  Ahli patologi memiliki peran   dalam menentukan diagnosa penyakit penderita (orang hidup).
Jaringan dan cairan tubuh, yang diambil dokter  dari seseorang (misalnya kandung empedu, tahi lalat, sampel jaringan dari perut atau usus selama endoskopi), tidak hanya dibuang, tetapi dikirim ke sebuah laboratorium patologi. Bahan yang akan diperiksa  dimasukkan ke dalam larutan fiksasi khusus untuk mempertahankan secara permanen dan untuk mempersiapkan secara optimal proses lebih lanjut. Tergantung pada ukuran sampel jaringan, ahli patologi harus terlebih dahulu membuat penilaian  penampilan eksternal, memilih dan membedah   bagian representatif untuk diagnostik yang sebenarnya.
Dalam rangka untuk memeriksa jaringan mikroskopik, harus dibuat preparat / sediaan tipis dan dicat. Bagian ini memiliki ketebalan maksimum 3 / 1000 mm.  Tergantung pada jenis jaringan, dibutuhkan jantara 4 sampai 16 jam   hingga  siap untuk pemeriksaan mikroskopis.   Spesimen bedah besar (misalnya usus), beberapa bagian dibuat untuk setiap kasus dan   diwarnai dengan cat khusus (misalnya bagian dari tumor,   eksisi margin, kelenjar getah bening, dll),  patologi kemudian memeriksa secara mikroskopik di pembesaran antara 25x dan 100x dan menulis laporan (laporan jenis tumor (seberapa agresif, seberapa besar, seberapa jauh ia telah tumbuh), tentang margin eksisi (dipreparat pada jaringan sehat atau tidak) , tentang metastasis di kelenjar getah bening, sekitar area infiltrasi  ). Atas dasar laporan tersebut dokter yang merawat pasien kemudian dapat menilai penyakit secara tepat dan mungkin melakukan terapi lebih lanjut (kemoterapi?, Radiasi terapi?, Operasi?, atau pengobatan lebih lanjut?). Hal yang sama juga berlaku untuk radang (misalnya Jenis peradangan mukosa lambung apakah perlu diberi antibiotik?  Apakah itu tumor atau peradangan  biasa?)
 
Seorang ahli bedah, dokter kandungan atau urolog mengambil sampel jaringan selama operasi. Dalam rangka  melakukan operasi lebih lanjut dengan benar, ia kadang-kadang membutuhkan diagnosis pada saat operasi. Dalam kasus seperti ini, jaringan dibawa secepat mungkin ke lab. patologi untuk diproses    Dengan tmenggunakan tehnik  khusus (frozen section)  memungkinkan untuk mempersiapkan pewarnaan beku  dan membuat diagnosis dalam waktu 10 menit.
Sebuah tugas penting dari patolog adalah diagnosis dini kanker. Misalnya,  serviks eksternal dibuat oleh gyneacologist dan didiagnosa oleh ahli patologi. Dengan demikian, kanker leher rahim dapat ditemukan pada tahap awal,  dapat dilakukan terapi dan  disembuhkan. Patolog juga melakukan otopsi. Informasi  dari otopsi adalah penting untuk kontrol kualitas dan membantu terapi dokter dengan diagnosa   atau penyakit yang sama. Sebagian besar   standar medis saat ini didasarkan pada evaluasi otopsi. Otopsi (post mortem internal) tidak menunda waktu penguburan, karena otopsi dilakukan ahli, menurut aturan yang tepat dan dengan kesalehan yang sesuai. Wajah, tangan dan kaki tidak tersentuh. Meskipun tidak ada undang-undang di kebanyakan negara yang melarang autopsi, patolog hanya melakukan otopsi  jika ijin diberikan oleh almarhum selama hidupnya atau jika keluarga setuju untuk itu.
 
Kesimpulan:
Patolog memiliki peran penting dalam diagnosa penyakit orang hidup. Seorang pasien dan patolog "nya" tidak melihat satu sama lain. Seorang ahli patologi adalah master di semua bidang kedokteran, kecuali terapi obat. Dia adalah seorang kontak penting bagi dokter di hampir semua bidang-bidang khusus. Khususnya di diagnostik dan terapi penyakit tumor, tidak ada yang berjalan tanpa ahli patologi. patologi ini dapat dibandingkan dengan pengendali lalu lintas udara, yang juga tidak terlihat oleh penumpang, tetapi  melakukan pekerjaan yang sangat diperlukan.

  Bab utama 
      Patology Kardiovaskular
      Patology paru-paru
      Patology yang baru lahir dan bayi
      Patology dari lymphnodes
      Patology dari sumsum tulang
      Patology dari limpa
      Patology dari timus
      Patology ot ginjal

1 komentar:

  1. Perusahaan kami melayani RETAIL untuk Product Leica Microsystem ( www.leica-microsystems.com) .
    Antara Lain :
    - All Histology/ Patologi AnatomyProduct
    ( http: / / www.leica-microsystems.com/ products/ histology-systems / )
    - Paraplat
    - Microtome High Profile Blade Leica 818
    - Microtome Low Profile Blade Leica 819
    - Base Mold
    - Embeding Cassette
    - DLL ( http: / / www.leica-microsystems.com/ products/ histology-systems/ consumables/ )

    Telp : 02199049841/081311021406.

    BalasHapus